Welcome!!! 107,3 Lips FM :: Dakwah.Edukasi.Entertainmen Click Listen Online untuk mendengarkan siaran kami
Now

Pria di China Berhasil Tumbuhkan Telinga di Tangan

Foto Dr Guo menjelaskan mengenai prosedur tumbuhnya telinga di tangan Ji (Foto: China Daily/Reuters)

Mungkin ini terdengar aneh tapi seorang pria di China berhasil menumbuhkan telinga di tangannya. Telinga itu sengaja ditumbuhkan oleh dokter karena kelak telinga itu akan ditransplantasikan ke wajah dari pria tersebut.

Pria yang bernama Ji tersebut membutuhkan operasi plastik ekstensif akibat kecelakaan yang dialaminya. “Saya kehilangan satu telinga. (Sehingga) saya selalu merasa tidak lengkap,” ujar Ji, sebagaimana dikutip dari Russia Today, Jumat (11/11/2016).

Ji mengalami cedera berat ketika mengalami kecelakaan satuh tahun yang lalu. Ia sudah menjalani operasi plastik di wajah dan dagunya namun telinganya hilang akibat terlepas pada kecelakaan tersebut.

Karena hal itulah ia menghubungi Dr. Guo Shuzhong. Sang dokter dilaporkan merupakan ahli bedah ternama di China yang mengembangkan cara agar dapat menumbuhkan telinga di tangan Ji agar kelak bisa ditransplantasi.

Namun, ini bukanlah proses yang mudah sebab Ji harus menjalani beberapa prosedur. Awalnya dengan teknik tissue expansion kulit ditanamkan di bawah lengan kanan Ji melalui prosedur yang dilakukan di rumah sakit yang berlokasi di Kota Xi’an, Provinsi Shaanxi.

Sebagai informasi tissue expansion adalah teknik yang digunakan oleh dokter bedah plastik untuk membuat tubuh pasiennya menumbuhkan kulit, tulang atau jaringan tambahan. Kemudian tulang rawan milik Ji diambil dari tulang rusuknya untuk menciptakan telinga buatan yang ditanamkan di bagian tangannya.

Dr. Guo mengklaim penanaman tersebut merupakan bagian sulit dari prosedur yang ia lakukan untuk Ji. Tahap terakhir akan dilakukan dalam beberapa bulan nanti setelah telinga sempurna yang tumbuh di tangan tersebut dikeluarkan dan akan ditempelkan ke kepala Ji menggunakan teknik anastomosis pembuluh darah (vaskular anastomosis). [okezone.com]