Welcome!!! 107,3 Lips FM :: Dakwah.Edukasi.Entertainmen Click Listen Online untuk mendengarkan siaran kami
Now

Kepala Negara dan Pemerintahan Bergaji Terbesar di Dunia

Lee Hsien Loong menyalami Barack Obama. (Foto: Getty Images)

Menjadi seorang pemimpin negara tentunya bukanlah hal yang mudah dengan begitu banyak tugas yang harus diselesaikan demi kepentingan rakyat. Dengan beban pekerjaan yang begitu berat sebagian besar khalayak setuju sudah sepantasnya para pemimpin dunia menerima gaji yang besar pula.

Berdasarkan daftar gaji tahunan para pemimpin dunia yang dirilis situs berita finansial 24/7WallSt. Yang dilansir News.com Australia, Kamis (27/10/2016), Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong menduduki peringkat teratas sebagai pemimpin negara dengan gaji tertinggi.

Dengan gaji sebesar USD2,32 juta per tahun atau sekira Rp30 miliar dengan kurs saat ini, putra tokoh Singapura Lee Kwan Yew itu menerima pendapatan tiga kali lebih besar dari Pimpinan Eksekutif Hong Kong Leung Chun Ying yang 'hanya' menerima USD760 ribu atau Rp9,8 miliar per tahun. Gaji PM Lee bahkan unggul jauh dari Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama yang menempati peringkat keempat dengan penghasilan USD527 ribu atau Rp6,8 miliar per tahun.

Berselisih tipis dengan Presiden Obama, peringkat kelima dikuasai oleh PM Australia Malcolm Turnbull yang menghasilkan USD522 ribu atau Rp6,7 miliar per tahun. Meski hanya menerima seperempat jumlah gaji PM Lee, mantan pengacara itu ditaksir memiliki kekayaan sejumlah USD200 juta atau Rp2,6 triliun. 

Di antara para pemimpin negara yang menghuni peringkat 10 besar dalam daftar tersebut terlihat juga nama-nama pemimpin negara besar dan berpengaruh, seperti PM Kanada Justin Trudeau. PM yang cukup digandrungi kaum hawa karena parasnya tersebut berada di posisi ke delapan, sedangkan Kanselir Jerman Angela Merkel berada satu peringkat lebih rendah.

Daftar yang diumumkan oleh 24/7WallSt. Itu tidak memasukkan nama-nama pemimpin negara monarki dan monarki konstitusional. Meski diakui mereka biasanya termasuk dalam orang-orang terkaya di muka bumi, pendapatan dari para sutan, raja, dan emir tersebut seringkali tidak diketahui.

Hal lain yang perlu dicatat adalah, gaji para pemimpin dunia dalam daftar ini tidak termasuk tunjangan, di antaranya dana pensiun dan rumah dinas yang perawatannya dibayar dengan menggunakan dana dari pajak rakyat.[okezone.com]