Welcome!!! 107,3 Lips FM :: Dakwah.Edukasi.Entertainmen Click Listen Online untuk mendengarkan siaran kami
Now

Keistimewaan Bulan Muharram

Muharram Mubarak

Bulan muharram adalah bulan pertama pada kalender hijriah dan bulan yang memiliki beberapa keistimewan yang mungkin beberap orang belum mengetahuinya. Salah satu keistimewaan bulan muharram adalah bulan ini merupakan satu dari empat bulan yang termasuk menjadi bulan haram atau bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, dimaksud sebagai bulan haram dikarenakan pada keempat bulan tersebut diharamkan atau dilarang adanya peperangan. Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda :

Sesungguhnya zaman berputar sebagai mana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Diantaranya ada empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan: Dzul Qo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadi Tsani dan Sya’ban.”

Keistimewaan lain dari bulan muharram juga terlihat dengan banyakya peristiwa penting yang terjadi di bulan tersebut terutama peristiwa-peristiwa yang menyangkut dengan kebesaran Nabi-nabi Allah. Seperti peristiwa yang terjadi pada Nabi Musa AS, peristiwa terbelahnya laut merah yang memudahkan Nabi Musa untuk lolos dari kejaran tentara Fir’aun. Serta kebesaran yang terjadi pada Nabi Ibrahim dimana pada Bulan Muharram inilah Nabi Ibrahim di beri keselamatan oleh Allah untuk terbebas dari pembakaran yang dilakukan oleh Raja Mamrud, dan masih banyak peristiwa lainnya yang terjadi di bulan muharram dan berkaitan dengan kebesaran Allah SWT.

Puasa juga menjadi salah satu keistimewaan bulan muharram, walaupun puasa pada bulan muharram termasuk puasa sunnah, namun keistimewaan tersebut terlihat dari hadits yang  di riwayatkan oleh Muslim yang berbunyi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Puasa yang paling afdhol setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah al-Muharram

Hadits diatas menjelaskan bahwa puasa sunah yang dilakukan pada bulan muharram adalah puasa yang paling afdhol setelah puasa Ramadhan. Seperti yang dikutip dari Muslim.or.id Puasa Sunnah Akan tetapi perlu diingat tidak boleh berpuasa pada seluruh hari bulan Muharram, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah berpuasa sebulan penuh kecuali pada Ramadhan saja. (Morris)